Aku masih beruntung…

21 09 2007

Jum’at siang yang panas kuberjalan menyelusuri jalan padat dan macet menuju kampus Anggres Binusku yang tercinta. Siang itu kuberjalan terburu-buru untuk mengejar sholat jumat berjamaah di mushola kampusku itu. Selama berjalan menyelusuri trotoar di area luar kampusku itu, aku meninjau skilas perkembangan gedung yang sedang dibangun dikampusku. Saat melihat, ada sebuah penampakan kejadian yang benar-benar cukup membuat hati ini terdiam beberapa saat.

 Apaan itu? Gedung kampus anggrek runtuh?? Oh enggak separah itu kali…

Read the rest of this entry »

Advertisements




mulai nulis lagi

19 09 2007

Tak terasa sudah sekian lama blog ini aku tinggalkan. Tidak dijamah dengan update informasi tentang diriku, ideku dan kegiatan harianku. Entahlah sebabnya kenapa, aku pun tak tau. Kok selama itu rasanya sulit sekali mencari suatu motivasi untuk bersungguh-sungguh mengisi blog ini. Inspirasi menulis pun sulit kali kudapatkan. Jadi tambah malas deh….

Tapi saat ini rasanya aku harus mencoba untuk serius menulis di blog ini. Gak tau juga apa alasan yang jelas untuk ini. Nyang penting aku mau belajar menuangkan segala ide yang ada di otak ini untuk di share ke siapa saja yang berminat mampir di blogku ini. Ya…seoarang yang intelek tidak hanya bisanya mikir menganalisa sesuatu tanpa bisa mendokumentasi apa yang sedang dia analisa. Gimana orang lain bisa memahamai tentang dirinya dan idenya itu kan? Itung-itung tempat latian buat bikin suatu karya ilmiah kaya skripsi gitu…

Harus kucoba mulai dari sekarang nih…..doakan yah mudah-mudah ini gak musiman lagi.





Hari gini kudu melek sama IT

7 07 2007

Banyak orang pintar bilang bahwa zaman skarang kita hidup ini telah memasuki suatu era baru nyang namanya Era Informasi. Nyang artinya dizaman ini informasi dipandang sebagai suatu yang berharga bagi siapa saja terutama bagi sebuah institusi atau perusahaan. Informasi bisa menjadi suatu alat yang menguntungkan atau merugikan bagi perusahaan. Dengan informasilah, seorang manajer membuat suatu keputusan. Salah-salah menyerap informasi si manajer bisa-bisa dipecat karena bikin perusahaan jadi buyar atau kacau balau.

Segitu pentingnya informasi. Yah dengan mampunya mengelola informasi dengan baik, perusahaan bisa survive di derasnya arus persaingan.

baca selengkapnya….





Menuntut Ilmu adalah Jihad di Jalan Allah

7 07 2007

Beberapa hari yang lalu aku ngeliat di tv sebuah liputan mengenai aksi unjuk rasa oleh kumpulan organisasi pemuda dan mahasiswa. Mereka menuntut kebijaksanan KPUD dalam penyelenggaran pilkada DKI Jakarta. Hmm….saat ini aku gak akan ngebahas masalah conten dari unjuk rasa tersebut. Tapi yang mau gw bahasa adalah masalah jihad…

Loh apa hubungannya Bang Sandy? Gini, dari apa yang ane ( balik lagi pake bahasa anak rohis niy) dapati dari ta’lim beberapa ustadz yang mereka semua merujuk kepada Al-Quran dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman para imam salafus saleh, bahwa demonstrasi atau unjuk rasa bukanlah suatu hal yang berasal dari islam. Upaya untuk merubah keadaan negara dan penguasa bukan begitu caranya….yah untuk saat ini ana lagi-lagi gak akan juga ngebahas masalah beda pendapat tentang demo (mungkin dilain kesempatan juga)….Jadi ada apa sih Bang? Makin gak jelas?

Seringkali ana nasihati dengan diskusi dan adu argumentasi dengan langkah para ikhwan teman-teman di LDK (Rohis gitu lah) tentang niat mereka saat ingin mengawali aksi. Berbagai nasihat ana utarakan bahwa Demo bukanlah cara yang ahsan dianjurkan dalam islam. Namun, sekali lagi mereka berkelit. Bahwa ini adalah suatu bagian dari Jihad, dan ini merupakan salah satu upaya amar makruf nahi munkar.

Hati kecilku berbicara dan mungkin terkadang pada beberapa waktu aku katakan juga ke mereka. Jihad itu sendiri kan bagian dari ibadah. Nah kita kan sepakat bahwa ibadah harus sesuai dengan petunjuk Nabi alias Sunnah. Nah gimana kita bisa tahu apakah demo itu bagian dari jihad yah tentunya dengan mengkorelasikan masalah itu dengan sumber ajaran islam yaitu Al-Quran dan As-Sunnah apakah ada.

baca selengkapnya….





Teruntukmu Sahabatku

7 07 2007

Berikut ini kubagikan sebuah tulisan nasihat yang telah ditulis salah seorang saudaraku. Sengaja kumenulis ulang disini untuk membagikan sesuatu yang bermaanfaat bagi kawan skalian

Silahkan disimak, direnungi dan diamalkan nasihat ini!

Beliau menulis :

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Wahai sahabatku bagaimanakah kabarmu hari ini? Apakah engkau sudah mempersaksikan di hadapan seluruh makhluk dan malaikat yang menjunjung ‘Arsy yang agung dan malaikat seluruhnya bahwa engkau seorang muslim? Mempersaksikan bahwa Dia lah Robb yang agung, yang paling pedih azabnya sekaligus paling luas rahmatnya, sebagai Dzat yang satu-satunya berhak diberikan seluruh kecintaan, rasa takut dan harap dengan ketundukan dan penyerahan diri yang sempurna?

baca selengkapnya





Mengenal Salafiyah Lebih Dekat….

8 04 2007

Pengertian ‘Salaf’

Secara bahasa, salaf berarti orang-orang yang mendahului kita, baik dari segi keilmuan, keimanan, keutamaan, maupun kebaikannya.

Ibnul Manzhur berkata, “Salaf juga berarti orang-orang yang mendahuluimu, baik orang tua maupun karib kerabatmu yang lebih tua dan utama darimu.” Termasuk dalam pengertian ini apa yang telah dikatakan oleh Rasulullah kepada putrinya

Fatimah az-Zahra’,
“Sesunguhnya sebaik-baik salaf bagimu adalah aku” HR. Muslim (no. 1450).

Adapun yang dimaksud ‘salaf’ menurut istilah para ulama pada asalnya adalah para sahabat Nabi, kemudian disertakan kepada mereka -dalam istilah tersebut- generasi sesudah mereka yang mengikuti jejak mereka. Kitab Limadza Ikhtartu Madzhab Salaf hal. 30

Sedangkan menurut tinjauan waktu, maka ‘salaf’ maksudnya adalah generasi-generasi terbaik yang patut diteladani dan diikuti, yaitu tiga generasi pertama yang telah dipersaksikan keutamaannya oleh Rasulullah dalam sabdanya:
“Sebaik-baik umat adalah generasiku, kemudian generasi sesudahnya, kemudian sesudahnya lagi.”

baca selengkapnya….